Jumat, 28 Desember 2012

About friendship



   Sahabatku, kita telah bersama melalui tahun demi tahun, berbagi banyak tawa dan banyak air mata, terima kasih sahabat. Sahabatku, tidak peduli jarak yang memisahkan kita, kita akan selalu saling memiliki. Senyumanmu adalah senyumanku. Sahabatku, kau selalu ada untukku ketika aku sedang bingung, kamu selalu tahu persis apa yang harus dilakukan. Sahabatku, ketika kamu berpikir tidak ada jalan keluar, kita akan melakukannya bersama dan mencari jalan keluar. Sahabatku, jika aku tidak sedang bersamamu, dan kita terpisah, ingatlah bahwa aku disisimu, selalu dihatimu.

   Perselisihan akan reda jika salah satu pihak mau mengalah. Mengalah bukan berarti kalah, mengalah demi kebaikan adalah kemenangan. Bersahabatlah dengan mereka yang baik, agar bisa saling mengingatkan dan saling memahami satu sama lain. Sahabat adalah mereka yg bisa menemani kesedihanmu, mereka yg bersamamu dalam kesendirianmu. Mereka yang PEDULI padamu. Sahabat adalah seseorang yang akan selalu tetap menemanimu tanpa mempedulikan betapa sulitnya tuk bisa bersamamu.

  Sahabat sejati adalah dia yang berada disisimu untuk membuatmu tersenyum, ketika orang lain membuatmu menangis. Sahabat sejati selalu memberikan kebebasan padamu tuk menjadi dirimu sendiri. Baik atau buruk, mereka tetap setia menemanimu. Ketika kamu kehilangan seseorang dan merasa kesepian, ketahuilah bahwa kamu sedang belajar arti MEMILIKI dan KEBERSAMAAN.

  Sahabat adalah seseorang yang mampu membuatmu marah, namun mampu membuatmu segera tersenyum dengan sebuah pelukan. Pergaulan buruk merusak kebiasaan yg baik, pergaulan baik mengusir kebiasaan yg buruk. Bijaklah memilih teman. Hanya karena seseorang tidak dekat lagi denganmu, bukan mereka telah lupa dan tidak peduli tentang kamu. 

  Ketika persahabatan dilengkapi dengan ketulusan, kepercayaan dan saling pengertian, maka akan terbentuk persahabatan yang sejati. Jangan salah memilih teman, karena sebagian hidupmu ditentukan mereka. Jika kamu tak menjadi pribadi yg lebih baik, tinggalkan.  'Hai', sebuah kata yg pendek, kata yg sangat sederhana, namun dari kata ini sebuah persahabatan bahkan cinta dimulai. Segala sesuatu terjadi karena alasan. Begitu juga sahabat, yg saling memberi sesuatu yg tak dapat diberikan orang lain

   Tak ada yang salah memberikan perhatian kepada seseorang. Yang salah itu mengharapkan mereka melakukan hal yang sama. Jangan berburuk sangka atas kebaikan yg dilakukan oleh orang lain. Bersyukur dan berterima kasihlah krn ia telah melakukan kebaikan . Ketika persahabatan dilengkapi dengan ketulusan, kepercayaan dan saling pengertian, maka akan terbentuk persahabatan yang sejati.

   Jangan pernah berusaha menjadi seseorang yg diinginkan semua orang, namun jadilah seorang yg dibutuhkan semua orang. Bicaralah menggunakan hati, pasti berhati-hati, untuk tidak menyakiti maupun mudah ingkar janji. Seorang yg bijaksana selalu mampu memaafkan mereka yg menyakitinya, namun tak akan pernah melupakan apa yg telah mereka lakukan. Kejujuran dan ketulusan adalah dua hal yg dapat memperkuat persahabatan. Salah satu saja hilang, rusaklah persahabatan.
Kadang kamu tak menyadari apa yg kamu miliki hingga ia pergi, kamu terlalu angkuh ucapkan maaf hingga akhirnya kamu menangis. Jangan pernah menginginkan tuk jadi bagian seluruh hidup seseorang, tapi cukup seorang yg jadi bagian terbaik dalam hidupnya. Kehidupan tak kan bisa dijalani sendiri. Pribadi yang bijak melengkapi kehidupannya dengan banyak persahabatan.

   Jangan menunggu hingga kamu sadar betapa berartinya seseorang bagimu, karena saat kamu sadar mungkin ia tlah bersama orang lain.  Tak ada manusia yg sempurna, begitu juga sahabat. Mereka membuat kesalahan, namun kamu akan selalu temukan alasan tuk bertahan. Dengan tawa kamu dapat meredakan kesedihan. Temukan dia dan kamu akan bertahan, tak peduli betapa menyakitkan situasi hidupmu.

   Hidup indah ketika seseorang ingat hal-hal kecil tentangmu, bukan karena kamu terus mengingatkan, tapi karena ia peduli padamu. Terkadang, persahabatan sering berakhir menjadi cinta, namun cinta dalam persahabatan tidak pernah berakhir. Perbanyak teman, bertemanlah dengan siapapun, tapi jangan pernah membandingkan salah satu temanmu dengan temanmu yang lain.

  Melupakan seseorang yg telah memberimu banyak hal tuk diingat adalah hal yg sangat sulit. Tapi jika itu yg terbaik, lepaskanlah. Terkadang seseorang yg dengan mudah mampu masuk ke dalam hidupmu, dengan mudah pula pergi dari hidupmu. Bijaksanalah! Tak ada yg abadi dalam hidup ini, namun ada hal yg dengan senang hati kamu perjuangkan hingga kamu dapat memilikinya lebih lama.

  Jika kamu menyadari apa yang mampu menyakitimu, maka kamu pasti menyadari apa yang mampu menyakiti orang lain. Waktu tak dapat dibeli, oleh sebab itu ketika seseorang memberikan waktunya padamu, jangan kamu sia-siakan! Terkadang kamu tidak menyadari seberapa besar kamu tentang seseorang sampai mereka tidak peduli lagi padamu.

 Jika hubunganmu baik-baik saja, jangan berusaha memperbaikinya. Namun terkadang kamu perlu tambahkan fitur baru agar lebih baik. Terkadang kamu harus menyadari bahwa ada orang tertentu yg bisa tinggal dalam hatimu, namun tidak dalam kehidupanmu. 

 Sahabat adalah mereka yg membantumu bangkit tuk percaya diri, ketika orang lain berusaha menjatuhkan dan meremehkanmu. Jika kamu ingin seseorang percaya padamu, hal pertama yg harus dilakukan adalah meyakinkan mereka bahwa kamu mempercayai mereka.
Pengkhianatan itu menyakitkan. Kamu tak akan pernah tahu kapan ia akan datang, namun kamu tak akan pernah lupa kapan ia datang. Persahabatan tidak mengenal BALAS DENDAM, karena dalam persahabatan hanya ada kata MEMAAFKAN untuk setiap kesalahan.

   Hanya karena terlihat baik bukan berarti baik. Mereka yg membencimu tahu bagaimana terlihat baik. Bijaklah memilih teman. Jalani hidup dengan jiwa yg damai, jangan menyimpan benci dalam dirimu. Memaafkan membebaskan dirimu dari rasa benci.
   Kejujuran memang menyakitkan, tetapi tidak mematikan. Kebohongan memang menyenangkan, tetapi tidak menyembuhkan.  Perpisahan jangan menjadi permusuhan. Ikhlaskan dan doakanlah agar perpisahan menjadi keputusan yang terbaik. Kamu tak dapat hidup sendirian. Peduli kepada sesama, karena suatu saat kamu akan butuh seorang yg peduli dan perhatikan kamu.
Dari kehilangan kita belajar ikhlas, dari kebahagiaan kita belajar bersyukur.

0 komentar:

Posting Komentar